Pengertian dan Fungsi Modem Terlengkap



Disini kita akan belajar bersama untuk memahami tentang pengertian, jenis-jenis dan fungsi modem. untuk lebih lengkapnya bisa di baca di bawah ini.
Pengertian dan Fungsi Modem – Di era Moderen ini umumnya orang-orang pasti sudah tidak asing lagi dengan dengan yang namanya Modem, tetapi kebanyakan orang-orang belum mengetahui pengertian, jenis-jenis dan fungsi sebenarnya dari modem itu sendiri. Disini kita akan belajar bersama untuk memahami tentang pengertian, jenis-jenis dan fungsi modem. untuk lebih lengkapnya bisa di baca di bawah ini.

Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Modem itu?


Modem adalah singkatan dari “Modulator” dan “Demodulator”. Lalu apa yang dimaksud dengan modulator dan demodulator. Secara singkat Modulator adalah suatu bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa yang siap untuk dikirimkan. Demodulator sendiri merupakan bagian yang memisahkan sinyal informasi yang berisikan suatu data dari sinyal pembawa kepada penerima sehingga data tersebut dapat diterima dengan baik.

Modem ini sendiri merupakan salah satu jenis perangkat peripheral pada komputer yang memiliki fungsi untuk menghubungkan suatu komputer ke dalam jaringan.
   
Disini kita akan belajar bersama untuk memahami tentang pengertian, jenis-jenis dan fungsi modem. untuk lebih lengkapnya bisa di baca di bawah ini.

Bagaimana Cara Kerja Modem


Dalam penggunaannya, modem bertugas merubah data dalam bentuk analog dan digital. Saat komputer sedang disambung ke kabel telepon untuk kemudian digunakan berinternet, jika komputer kita akan mengupload atau mengirim data, maka informasi atau data dari komputer dalam bentuk digital akan diubah oleh modem menjadi bentuk analog untuk dikirim melalui kabel telepon atau media lainnya. Saat data atau informasi analog tadi sampai ke komputer tujuan, maka modem yang tadinya ada pada komputer tujuan akan mengubah kembali bentuk data tersebut (analog) menjadi bentuk digital sehingga bisa diproses oleh komputer tujuan tadi.

Begitu pula saat kita men-download data atau file, data tersebut merupakan data analog saat berada pada kabel telepon, namun saat proses masuk ke komputer kita, modem akan seketika itu juga mengubahnya menjadi bentuk digital agar bisa ditampilkan. Hal inilah yang memungkinkan perangkat komputer di internet di berbagai belahan dunia bisa berinteraksi satu sama lain.

Fungsi Modem

Fungsi Modem adalah merubah komunikasi dua arah dari sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya. Proses pengubahan itu dinamakan dengan modulasi. Sedangkan untuk cara kerjanya modem dibagi menjadi dua bagian, diantaranya bekerja sebagai modulator dan juga bekerja sebagai demodulator. Fungsi dari modulator yaitu, modem akan mengubah sinyal digital pada komputer/pc untuk dijadikan sinyal analog supaya bisa mengakses internet. Sementara itu fungsi dari demodulator yaitu, modem bekerja dengan mengubah sinyal analog menjadisinyal digital.

Saat ini modem juga telah mengembangkan teknologi dengan menambah fasilitas voice modem yang dapat berfungsi sebagai saluran radio, percakapan melalui telepon maupun audio lainnya.

Untuk meminimalisir dari tingkat kesalahan yang terjadi ketika melakukan transmisi sinyal, modem juga akan melakukan pemeriksaan informasi yang diterima apakah rusak atau tidak dengan metode checksum jika terjadi kerusakan maka data tersebut akan dikirim kembali ke tempat asal.

Disini kita akan belajar bersama untuk memahami tentang pengertian, jenis-jenis dan fungsi modem. untuk lebih lengkapnya bisa di baca di bawah ini.
Add caption

Macam-macam atau jenis dari modem


  • Modem internal adalah merupakan sebuah kartu (card) yang dipasang pada slot motherboard/mainboard. Kelebihan dari modem ini yaitu cara pemasangannya yang  mudah serta harganya relatif murah.
  • Modem eksternal adalah sebuah modem yang dipasangkan diluar komputer/pc, biasanya jenis modem dipasangkan/ditancapkan pada slot USB.
  • Modem media kabel (yang menggunakan media kabel) adalah modem yang menggunakan kabel sebagai media perantaranya (Jaringan telepon dan TV kabel)
  • Modem tanpa kabel adalah modem yang menggunakan media tanpa kabel sebagai perantaranya (modem GSM, Modem CDMA, dsb.)


Disini kita akan belajar bersama untuk memahami tentang pengertian, jenis-jenis dan fungsi modem. untuk lebih lengkapnya bisa di baca di bawah ini.

Teknologi dan jenis koneksi dari Modem 

Modem analog adalah sebuah modem yang menerima data dalam bentuk sinyal analog melalui suatu jaringan transmisi data lalu kemudian menubahnya jadi data digital untuk dikirimkan ke komputer/pc, ataupun sebaliknya. Jenis modem ini biasanya dipakai untuk koneksi dial up melalui jaringan telepon, karena itulah disebut modem dial up.

Modem DSL (Digital Subscriber Line) adalah sebuah modem untuk menerima dan juga  mengirimkan data menggunakan teknologi digital melalui suatu jaringan terdedikasi. Dalam teknologi ini data-data yang diterima atau yang dikirim oleh modem DSL berupa bentuk data digital, sehingga akses internet jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan modem analog.
 
Terdapar 2 (dua) jenis modem DSL diantaranya ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) kecepatan men-downloadnya lebih cepat dibandingkan kecepatan upload dan jenis SSL (Symmetric Digital Subscriber Line) kecepatan men-downloadnya sama dengan kecepatan upload.


  • Modem kabel adalah modem yang menerima dan juga mengirim data internet yang melalui jaringan dari TV Kabel. Data-data yang diterima serta data yang dikirim juga berupa data digital dengan kecepatan setara dengan modem DSL.
  • Modem CDMA adalah sebuah modem dial up Wireless yang bekerja menggunakan teknologi CDMA (Code Division Multiple Access).
  • Modem GSM adalah sebuah modem wireless mobile yang bekerja pada jalur komunikasi telepon seluler GSM. Modem GSM mendukung layanan GPRS/EDGE dan 3G. Baca: Cara Setting Modem Telkomsel


Itulah diatas tadi mengenai pengertian dan Fungsi modem. Baca Juga Cara Setting Modem Telkomsel. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu dan terimakasih telah membaca artikel ini.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi Modem Terlengkap"

 
Copyright © 2014 Kamus Online - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia